Saturday, November 14, 2009

Kenapa Anjing itu diharamkan untuk Seorang Muslim.

Kenapa Anjing itu diharamkan untuk Seorang Muslim.

Bagi kalian yang bertanya-tanya seperti saya simak yuk tulisan ini.

Question :

Benarkah seorang muslim haram memelihara anjing?

Anjing itu hewan yang lucu dan setia kenapa diharamkan memeliharanya?

Bagaimana hukumnya orang buta yang memelihara anjing sebagai penuntun? Apakah diperbolehkan?

Apakah anggapan bahwa anjing itu haram dipelihara itu benar? mengingat Allah SWT telah menganugrahkan berbagai kepintaran dan kecerdikan pada anjing yang sangat bermanfaat bagi manusia?

And etc….

The answer is :

Sebenarnya islam hanya melarang seorang muslim untuk memeliharanya di dalam rumah, kecuali bila ada manfaatnya untuk menjaga rumah. Dan untuk itu, anjing tidak dipelihara di dalam rumah melainkan di luar rumah. Dan hanya air liur anjing yang di haramkan oleh islam.

Kenapa ?...

Ada sebuah dalil yang sering dijadikan dasar oleh para ulama untuk tidak memelihara anjing di dalam rumah.

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW menunggu Jibril as pda saat yang telah ditentukan. Namun Jibril tidak datang pada saatnya, sehingga nabi melempar tongkat dari tangannya dan berkata, “Allah tidak mengingkari janjinya, demikian juga dengan rasulnya.” Kemudian beliau SAW menoleh dan mendapati seekor anjing di kolong tempat tidurnya. “Wahai Aisyah, sejak kapan anjingi itu masuk ke sini?” Aisyah menjawab, “Aku tidak tahu.” Maka beliau SAW memerintahkan agar anjing itu dikeluarkan. Maka datanglah jibril dan Rasulullah SAW bertanya, “Engkau telah janji dan aku telah duduk menunggu, tapi Engkau tidak datang, mengapa?” Jibril menjawab, “Anjing di dalam rumahmu itu telah mencegahku. Sesungguhnya kami tidak masuk ke dalam rumah yang ada anjing dan gambar.” (HR Muslim)

Hadits ini dan hadits lainnya yang sejenis telah dijadikan dasar oleh para ulama untuk mengharamkan umat Islam memelihara anjing di dalam rumah.

Bagaimana penjelasan di Al-Quran?...

Di dalam Al-Quran Al-Kariem, di dalam salah satu ayatnya justru memberi isyarat tentang bolehnya seorang muslim memelihara anjing. Namun fungsinya jelas, yaitu sebagai anjing pemburu yang bertugas untuk berburu hewan buruan. Dan memang tidak dipelihara di dalam rumah, karena memang haram hukumnya.

Simaklah ayat berikut ini:

Mereka menanyakan kepadamu, “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan oleh binatang buas (anjing )yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya.(QS. Al-Maidah: 4)

Keterangan ayat :

Al-Mukallab adalah hewan buas apa saja, termasuk di dalamnya anjing, burung elang dan lainnya. Semuanya harus sudah terlatih, menurut kepada perintah tuannya, dan ketika melepasnya diucapkan basmalah.

Di ayat lain, juga disinggung tentang para hamba Allah yang menghuni gua (ashhabul kahfi), di mana mereka memiliki seekor anjing yang mengikuti selama pelarian dan persembunyian.

Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan raqim (anjing)itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? (QS. Al-Kahfi: 9)

Penjelasan ayat :

Meski ada beberapa perbedaan pendapat tentang makna raqim di dalam ayat ini, namun tidak sedikit yang berpendapat bahwa raqim adalah nama anjing milik salah seorang dari mereka.

Ayat ini menunjukkan setidaknya umat Islam di masa lalu, sebelum masa kenabian Muhammad SAW, dibolehkan memelihara anjing.

Bagaimana dengan Kenajisan Anjing?...

Selain keharaman memelihara anjing di dalam rumah, seorang muslim yang memelihara anjing untuk penjaga atau pemburu juga harus memperhatikan sisi lainnya, yaitu faktor kenajisan air liur anjing dan tubuhnya juga.

Ada beberapa hadits nabawi yang secara tegas menyebutkan bahwa air liur anjing hukumnya najis. Di antaranya hadits berikut ini:

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Bila seekor anjing minum dari wadah milik kalian, maka cucilah 7 kali. (HR Bukhari 172, Muslim 279, 90).

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Sucinya wadah kalian yang dimasuki mulut anjing adalah dengan mencucinya 7 kali.” Dan menurut riwayat Ahmad dan Muslim disebutkan salahsatunya dengan tanah.” (HR Muslim 279, 91, Ahmad 2/427)

Penjelasan ayat :

Meski demikian, kedua hadits di atas masih dalam batas najis air liurnya saja. Tetapi apakah badannya juga najis, ternyata para ulama masih berbeda pendapat dalam membreak-down pengertiannya. Sebagian ulama menghukumi anjing sebagai hewan yang najis berat (mughallazhoh), bukan hanya air liurnya saja, tetapi juga seluruh tubuhnya. Namun ada sebagian ulama yang tidak menghukumi najis anjing pada badannya, kecuali hanya air liurnya saja sebagai najis berat.

Menurut kalangan ulama tentang kenajisan anjing sesuai apa yang terdapat dalam kitab-kitab fiqih rujukan utama:

1. Mazhab Al-Hanafiyah

Dalam mazhab ini, yang najis dari anjing hanyalah air liurnya, mulutnya dan kotorannya. Sedangkan tubuh dan bagian lainnya tidak dianggap najis. Kedudukannya sebagaimana hewan yang lainnya, bahkan umumnya anjing bermanfaat banyak buat manusia. Misalnya sebagai hewan penjaga atau pun hewan untuk berburu. Mengapa demikian?

Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing, yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja (termasuk kotorannya) yang dianggap najis. Lihat kitab Fathul Qadir jilid 1 halaman 64, kitab Al-Badai` jilid 1 halaman 63.

2. Mazhab Al-Malikiyah

Mazhab ini juga mengatakan bahwa badan anjing itu tidak najis kecuali hanya air liurnya saja. Bila air liur anjing jatuh masuk ke dalam wadah air, wajiblah dicuci tujuh kali sebagai bentuk ritual pensuciannya. Silahkan periksa kitab Asy-Syarhul Kabir jilid 1 halaman 83 dan As-Syarhus-Shaghir jilid 1 halaman 43.

3. Mazhab As-Syafi`iyah dan Al-Hanabilah

Kedua mazhab ini sepakat mengatakan bahwa bukan hanya air liurnya saja yang najis, tetapi seluruh tubuh anjing itu hukumnya najis berat, termasuk keringatnya. Bahkan hewan lain yang kawin dengan anjing pun ikut hukum yang sama pula. Dan untuk mensucikannya harus dengan mencucinya tujuh kali dan salah satunya dengan tanah.

Logika yang digunakan oleh mazhab ini adalah tidak mungkin kita hanya mengatakan bahwa yang najis dari anjing hanya mulut dan air liurnya saja. Sebab sumber air liur itu dari badannya. Maka badannya itu juga merupakan sumber najis. Termasuk air yang keluar dari tubuh itu juga, baik kencing, kotoran dan juga keringatnya.

Pendapat tentang najisnya seluruh tubuh anjing ini juga dikuatkan dengan hadits lainnya antara lain:

Bahwa Rasululah SAW diundang masuk ke rumah salah seorang kaum dan beliau mendatangi undangan itu. Di kala lainya, kaum yang lain mengundangnya dan beliau tidak mendatanginya. Ketika ditanyakan kepada beliau apa sebabnya beliau tidak mendatangi undangan yang kedua, beliau bersabda,

“Di rumah yang kedua ada anjing sedangkan di rumah yang pertama hanya ada kucing. Dan kucing itu itu tidak najis.” (HR Al-Hakim dan Ad-Daruquthuny).

Dari hadits ini bisa dipahami bahwa kucing itu tidak najis, sedangkan anjing itu najis. Lihat kitab Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halaman 78, kitab Kasy-syaaf Al-Qanna` jilid 1 halaman 208 dan kitab Al-Mughni jilid 1 halaman 52.

Lalu bagaimana menurut kesahatan tentang memelihara anjing?

Air liur anjing sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Jangan remehkan air liur anjing, walaupun anjing tersebut telah lama dipelihara dengan cara yang bersih, sehat serta diberi makanan yang bersih dan sehat pula. Air liur anjing dari jenis apapun berbahaya bagi manusia. Persatuan Dokter Kesehatan Anak di Munich-Jerman, mengungkapkan bahwa air liur anjing mengandung berbagai kuman penyebab penyakit.

Bakteri tersebut dapat masuk dan menyerang organ dalam manusia melalui sistem terbuka. Resiko tertular penyakit kian besar apabila terkena gigitan anjing. Anjing yang kecil dan manis mungkin hanya meninggalkan luka kecil ketika menggigit manusia. Meski lukanya tak kasat mata, tetap dianjurkan untuk segera diobati ke dokter.

Karena luka gigitan dapat menjadi jalan masuk bagi kuman-kuman berbahaya yang berbiak pada liur anjing. Gigitan anjing paling tidak melubangi jaringan kulit dan menjadi pintu masuk kuman. Korban harus memperoleh perawatan dokter, "minimal dengan diberi suntikan anti-tetanus" kata dokter kesehatan anak Thomas Fendel. Bahaya anjing tidak hanya pada liurnya saja.

Menurut peneliti dari Universitas Munich, menyatakan bahwa memelihara anjing meningkatkan resiko kanker payudara. Peluang/ resiko mengidap kanker oleh karena memelihara anjing jauh lebih besar dibanding memelihara piaraan lain seperti kucing dan kelinci. Sebanyak 79,7 % penderita kanker payudara ternyata sering bercanda dengan anjing, diantaranya dengan memeluk, mencium, menggendong, memandika, dan semua aktivitas perawatan anjing. Hanya 4,4 % pasien yang tidak memiliki hewan peliharaan. Di Norwegia, 53,3 % dari 14.401 pemilik anjing mengidap kanker. Ternyata kanker pada anjing dan manusia disebabkab oleh virus yang sama yaitu : mammary tumor virus (MMTV). Binatang piaraan lain membawa bibit kanker, tetapi karena tipenya berbeda maka tak mudah menular pada manusia. Untuk itu sebaiknya menghindari kontak langung dengan anjing.

Demikian semoga dapat berguna yaaa…..

77 comments:

  1. wah menarik sekali.. ini yang saya pertanyakan dari dulu.. ehehe
    oiya, sekalian mau ijin repost boleh nggak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Tambahan informasi lg dari sy .. Kalo air liur anjing itu haram, tp kenapa binatang buruan yg ditangkap oleh anjing lwt mulutnya berdasarkan Quran Srt Al Maidah ayat 4, lgs boleh ldimakan tanpa hrs dicuci 7x ditambah 1x pake tanah ??? Itu berarti air liur anjing tdk 100 persen haram khan ??

      Delete
    3. Kalao kena wadahnya aja harus dicuci karna ada bakteri dll nya, gimana kalo kena tubuh manusia? ya jelas harus di cuci untuk menghilangkan bakteri2 itu.

      Delete
    4. Bagi sy org muslim, air liur anjing tdklah najis bila tersentuh tubuh krna dlm alquran dan hadits tdk menyebutkan dgn jelas tentang hal najisnya tersebut .. Hadits yg ada hanya menyatakan bhw bejana yg dipakai utk minum bila diminum oleh anjing maka bejana tersebut hrs dibersihkan 7x ditambah 1x dgn tanah tp tdk menjelaskan dgn jelas bilamana air liur anjing tsb tersentuh tangan atau tubuh maka akan dilakukan sama spt bejana tersebut dan dianggap najis ??? Kalo mslh penyakit dlm air liur, maka semua air liurpun pasti mengandung bibit penyakit, apalagi air liur babi, tp knp air liur babi tdk haram ??? .. Wah penelasan artikel ini hnya berdasarkan analisa sendiri sj tanpa ada dasar Quran dan Hadits yg jelas menyebutkannya ..

      Delete
    5. lhah ayat" al-qur'an dan hadits diatas itu kamu anggap apa mas? trus mzhab" tadi kamu anggap apa mas? masih bisa ngmong ini berdasarkan analisa sendiri? ngantuk mas?

      Delete
    6. Widhi. Babi mengeluarkan air liur pada waktu tidur kayak kamu. Anjing mengeluarkan liurnya setiap saat. Saat lidahnya menjulur air liur pun keluar,

      Delete
    7. gpp mas, mengenai tafsir tentang anjing itu belum bisa dikatakan benar tapi belum tentu dikatakan salah, semuanya bersifat relatif..jadi ya hargai perbedaanya
      gk usa maksain pembenaran masing2 individu ke orang lain, ada yg bilang najis kalau disentuh, ada yg bilang gk, itu masalah tafsir sendiri2, gk usah berdebat, yg satu bilang goblok atau apalah yg keluar Dr mulutnya..kita kan sama2 belajar memahami Islam, tapi belum tentu sama dimensi pemahamanya.

      yg rukun ya
      bagi yg melarang silahkan
      bagi yg tidak juga silahkan
      yang penting yang melarang tidak memaksa orang lain utk mengakui kebenaranya, begitupun sebaliknya
      semuanya bersifat relatif, lebih enak saling menghargai, katanya rahmatan Lil Al-Amin :)

      Delete
    8. saya suka dengan commentar anda. islam itu indah kok.

      Delete
  2. makasih atas cmntny...
    mdah2an dapt membantu,,,,
    wahaha repost ya bleh2 ajah asl cntumkan sumberny ajah...ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih nih artikelnya, menarik sangat

      Delete
  3. berarti bagi rumah yang ada gambarnya malaikat juga tidak mau masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar malaikat? ada yang tau bentuk malaikat?

      Delete
  4. mnrut w c kl gmbar aj ga akn mempengaruhi krn yng njis itu kn air luirnya yah... kl gmbar kn ga ad unsur najisnya....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambarnya yg gmana dlu donk, kan bnyak , kek gmbar cewe sexy udah jelas malaikat gakan pernah mau masuk ,perhatiin aja dlu gmbarnya bukan najis gambarnya.

      Delete
    2. betul gambar anjing tidak najis, tapi gambar anjing masuk ke dirumah malikat keluar.

      Delete
  5. mau minta referensi nya dong....
    terima kasih sebelumnya..
    kalo bisa kirim ke zulu.tangosierra@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Kalau memang malaikat takut ketemu anjing... trus, kira-kira, malaikat apa ya yang mencabut nyawa anjing? sampe-sampe, ada temen yang bilang.. kalo mau berbuat maksiat, kita masukin aja anjing ke dalam rumah dulu.. dijamin, dosa kita gak dicatet sama malaikat, soale malaikatnya gak berani masuk ke dalam rumah karena ada anjingnya.. xixixi...

    Trus, kalau takut mati, piara anjing aja.. anjingnya selalu ada di sisi kita.. jadi malaikat pencabut nyawa juga nggak berani deket-deket untuk nyabut nyawa kita... xixixi...

    peace... ini hanya intermezo aja :))

    ReplyDelete
  7. wah ini artikel yg ak cari2 daridulu.. tanda tanya besarrrr dikepala..

    @Luna.... lu salah besar tuh.. g bener anggapan yg begitu.

    ReplyDelete
  8. malaikat rahmat yang ga mau masuk, cz najis, klo malaikat pencabut nyawa, iblis juga bakal didatengin pun, apalagi anjing..ada2 saja..jangan hadis/quran dibuat bercandaan. ga boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Dasar didlm alquran tdk ada itu Allah mengharamkan anjing ... Semua mahluk ciptaan Allah adalah mahluk Allah juga, bahkan konon ada crta seorang pelacur yg hnya memberikan minuman bagi binatang anjing yg kehausan diujung sisa akhir hdpnya, dia bs msk syurga ... Lalu kalo bukan malaikat pemberi rahmat yg mencatatnya krna takut ama anjing, jd siapa yg mencatat kebaikan pahala pelacur tsb .. Jg bbrpa pemuda yg ditidurkan Allah slma beratus2 thn lamanya didlm goa bersama anjingnya jg diselamatkan Allah ternyata tetap dpt rahmat berkah lindungan Allah jg ... Jd knp justru umat Islam skrg memegang mati statement yg mengharamkan anjing hnya gr2 berpatokan pd hadits2 yg tdk didukung oleh Alquran yg justru menghalalkan anjing utk dipelihara guna dipakai berburu dan menjaga manusia itu sndri ... Kalo mslh penyakit, kucing justru lbh berbahaya dibandingkan anjing krna virus Toxoplasma kotorannya tsb bs membuat wanita mandul seumur hdpnya ... Dan kita jg tahu bhw hnya anjinglah binatang yg plg setia dan bisa menjaga tuannya atau manusia dari sesuatu yang membahayakan tuannya tersebut ...

      Delete
    3. Mas, yg dimaksud malaikat rahmat disini malaikat jibril, penyampai rahmat/wahyu, kalo yg nyatat amal kan ad malaikat rakib dan atit. Tolong dibedain dlu ya mas :))

      Delete
    4. tolong dipahami ya gan. mungkin memang benar anjing adalah hewan yang paling setia. tapi kalo yang bisa menjaga tuannya dari sesuatu yang membahayakan itu kalo bukan atas kehendak Allah ya ngga bakal jalan bukan? jadi bukan anjingnya yang dapat menjaga dari suatu bahaya melainkan Allah. tanpa Allah anjing itu bisa apa?

      Delete
    5. Cerita tentang blhnya anjing dipeliharan sudah tercantum dalam surat Al Kahfi dimana rahmat berkah Allah tetap menyertai manusia sekalipun dia bersama anjing ... lalu dalam surat Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 4 dimana surat tersebut berbunyi “Mereka menanyakan kepadamu: "Apakah yang dihalalkan bagi mereka?". Katakanlah: "Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan buruan yang ditangkap oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepaskannya).Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya."

      Hal tersebut diperkuat lagi dengan bunyi hadist Rasulullah SAW :

      Hadits Muslim 3562

      وحَدَّثَنَاعُبَيْدُاللَّهِبْنُمُعَاذٍالْعَنْبَرِيُّحَدَّثَنَاأَبِيحَدَّثَنَاشُعْبَةُعَنْعَبْدِاللَّهِبْنِأَبِيالسَّفَرِعَنْالشَّعْبِيِّعَنْعَدِيِّبْنِحَاتِمٍقَالَسَأَلْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَعَنْالْمِعْرَاضِفَقَالَإِذَاأَصَابَبِحَدِّهِفَكُلْوَإِذَاأَصَابَبِعَرْضِهِفَقَتَلَفَإِنَّهُوَقِيذٌفَلَاتَأْكُلْوَسَأَلْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَعَنْالْكَلْبِفَقَالَإِذَاأَرْسَلْتَكَلْبَكَوَذَكَرْتَاسْمَاللَّهِفَكُلْفَإِنْأَكَلَمِنْهُفَلَاتَأْكُلْفَإِنَّهُإِنَّمَاأَمْسَكَعَلَىنَفْسِهِقُلْتُفَإِنْوَجَدْتُمَعَكَلْبِيكَلْبًاآخَرَفَلَاأَدْرِيأَيُّهُمَاأَخَذَهُقَالَفَلَاتَأْكُلْفَإِنَّمَاسَمَّيْتَعَلَىكَلْبِكَوَلَمْتُسَمِّعَلَىغَيْرِهِوحَدَّثَنَايَحْيَىبْنُأَيُّوبَحَدَّثَنَاابْنُعُلَيَّةَقَالَوَأَخْبَرَنِيشُعْبَةُعَنْعَبْدِاللَّهِبْنِأَبِيالسَّفَرِقَالَسَمِعْتُالشَّعْبِيَّيَقُولُسَمِعْتُعَدِيَّبْنَحَاتِمٍيَقُولُاسَأَلْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَعَنْالْمِعْرَاضِفَذَكَرَمِثْلَهُوحَدَّثَنِيأَبُوبَكْرِبْنُنَافِعٍالْعَبْدِيُّحَدَّثَنَاغُنْدَرٌحَدَّثَنَاشُعْبَةُحَدَّثَنَاعَبْدُاللَّهِبْنُأَبِيالسَّفَرِوَعَنْنَاسٍذَكَرَشُعْبَةُعَنْالشَّعْبِيِّقَالَسَمِعْتُعَدِيَّبْنَحَاتِمٍقَالَسَأَلْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَعَنْالْمِعْرَاضِبِمِثْلِذَلِكَ

      “Jika kamu melepas anjing buruanmu setelah menyebut nama Allah, maka makanlah buruan tersebut, selagi anjing buruanmu tak memakannya. Dan telah menceritakan kepadaku Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Ulayyah berkata; & telah mengabarkan kepadaku, Syu'bah dari Abdullah bin Abu As Safar berkata; saya telah mendengar Asy Sya'bi berkata; saya mendengar dari 'Adi bin Hatim berkata; saya bertanya kepada Rasulullah tentang mi'radl, lalu menyebutkan sama di atas. Dan telah menceritakan kepadaku Abu Bakar bin Nafi' Al 'Abdi telah menceritakan kepada kami Ghundar telah menceritakan kepada kami Syu'bah telah menceritakan kepada kami”.

      Disitu tersirat sebuah riwayat dimana kita boleh memakan daging hasil buruan anjing, lalu dengan apa anjing berburu? Tentunya tidak dengan busur panah, pasti menggunakan moncongnya untuk menangkap mangsanya.Dan dalam hal ini, yang menangkap hewan buruan tentunya bukan anjing gila melainkan anjing yang terlatih.

      Dalam melatih anjing tentunya anjing tsb dirawat, anjing tersebut diberi makan yang layak, diberi Vaksin sehingga kesehatannya terjamin, apa ada anjing liar yang bisa tiba-tiba mengerti tanpa dilatih? Anjing yang terlatih adalah yang dipelihara dengan baik, bukan anjing liar karena anjing liar berburu untuk dirinya sendiri.

      Delete
    6. Mantap
      Saya muslim tp saya punya dogi lingkungan saya di dominasi muslim tp mengapa pandangan mereka ke keluarga saya berbeda hingga salah satu warga/tetangga bahawa saya saya KAFIR tidak mengenal arti NAJIS
      Saya melihara dogi tp tidak di dalam rumah melainkan di belakang rumah, & saya melarang anjing saya menginjakan kaki di dalam rumah,
      Apa salah saya muslim menyayangi anjing yg d ciptakan yg maha kuasa

      Sebetulnya yg kafir saya yg memelihara anjing apa mereka yg ber anggapan yg tidak memelihara anjing itu bukan kafir ?

      Delete
  9. Dogs are men best friend!...dia selalu setia menjaga tuannya....Film: animal wittness di Animal planet; ad sebuah eposode yg menggambarkan bagaimana seekor anjing membela tuannya yd diserang lalu dibunuh, bahkan anjing itu sendiri ditembak oleh permapoknya...dlaam keadaan sekarat anjing itu dibawa ke RS, akhirnya mati, namun dari bagian tubuh anjing itu si perampok dan pembunuh majikannya bisa ditangkap...

    ReplyDelete
  10. IZIN COPAS YA UNTUK ARTIKELNYA? DAN TERIMAKASIH SEBELUMNYA..

    ReplyDelete
  11. trus intinya boleh kan,muslim pelihara anjing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa bilang orang ISLAM gak boleh piara anjing?
      dengan catatan :

      1.untuk tujuan jelas(menjaga rumah atau hewan ternak atau melindungi rumah dari maling).

      2.pegang dan elus elus pegang badannya( tapi yang najis kan air liurnya iya tapi anjingkan suka jilat jilat tubuhnya) juga boleh asal sesudah itu kita bersihkan selama 7 kali baru kita boleh sholat.

      3.tidak boleh memasukan anjing dalam rumah karena malaikat(malaikat kebaikan bukan malaikat PENCABUT NYAWA ogah masuk rumah)

      4.“Diampunkanlah seorang pelacur yang melewati anjing (yang berada di atas sumur) yang menjulurkan lidahnya dan hampir mati kehausan, lalu wanita itu melepas sepatunya dan diikat dengan kerudungnya lalu ia membawa air kepada anjing itu maka dia (wanita tsb), diampuni karenanya” (Hadits: HR.Bukhari).

      5.Intinya boleh saja kita memlihara anjing yang pasti bermanfaat dan tidak memnggagu orang lain(mengonggong,mengigit,dll) dan kita wajib membersikan diri selama 7 kali,mau?

      6.Jangan ada pikiran dengan membunuh anjing kita dapat pahala atau tidak berdosa itu SALAH besar bro di islam kita di ajarkan saling menyayangi kepada semua mahluk hidup(lihat nomer 4).

      7.apakah anda bisa sebelum sholat membasuhnya selama 7 kali? kalo iya silahkan pelihara :)

      8.jikalau mau mengetahui sesuatu janganlah setengah setengah tanyalah kepada orang yang benar benar ngerti tentang islam(tahu isi dan arti al-quran)

      9.saya muslim dan sangat suka sekali dengan anjing setiap kali ada ulama,ustad,pak haji yang saya kenal saya selalu bertanya tentang anjing dalam islam.
      tapi sampai sekarang saya gak punya anjing habisnya malas tuk basuh 7kali itu bro :D

      10.jikalau ada SALAH mohon di koreksi.

      Delete
    2. Mau tanya, kalau dalam ajaran islam diajarkan utk menyayangi hewan,lalu lkenapa ada kurban? Dan hal ini diwajibkan utk membunuh dan memotong sapi. Bukan kan itu hal yg cukup kejam, byk sapi yg kabur dan mengamuk saat hari itu tiba. Dan setahu saya sapi/kerbau bisa menangis jika ia akan dipotong. Bukankah itu sama saja seperti membunuh makhluk yg sedang sekarat? Dan bukankah ini artinya kita membunuh makhluk ciptaan Tuhan? Saya ingin tahu saja.. :)

      Delete
    3. Mau tanya, kalau dalam ajaran islam diajarkan utk menyayangi hewan,lalu lkenapa ada kurban? Dan hal ini diwajibkan utk membunuh dan memotong sapi. Bukan kan itu hal yg cukup kejam, byk sapi yg kabur dan mengamuk saat hari itu tiba. Dan setahu saya sapi/kerbau bisa menangis jika ia akan dipotong. Bukankah itu sama saja seperti membunuh makhluk yg sedang sekarat? Dan bukankah ini artinya kita membunuh makhluk ciptaan Tuhan? Saya ingin tahu saja.. :)

      Delete
    4. sebenarnya semua agama mengajarkan kebaikan dan menyayangi seluruh mahluk ciptaan Tuhan. bukan hanya yang bernyawa seperti manusia dan binatang tapi juga alam sekitarnya.

      Dan konteks "kurban" dalam islam adalah untuk bersedekah kepada orang2 yang kurang mampu. Dan hewan2 yang di kurban juga ada batas usia. maka tidak sembarangan.

      Terkadang manusia selalu lupa dengan lingkungan sekitarnya dan tetangganya. dengan adanya "idul adha dan kurban" Tuhan selalu mengingatkan kita kepada orang2 yang seharusnya kita bantu.

      Dan dengan begitu jika ada rezeji yang berlimpah kita dapat melakukan kurban tidak hanya pada hari raya idul adha saja.

      karena banyak orang yang membutuhkan pertolongan kita.

      sekiranya jawaban saya seperti itu.
      Intinya pertanyaannya adalah "bukan kenapa? tapi untuk apa?"

      selama untuk kebaikan apalagi membantu sesama dan tidak merugikan orang lain dan alam sekitar, saya kira itu baik-baik saja.

      Delete
    5. Air liur anjing yang dibejana saja yang harus di samak, bila terkena kulit atau pakaian cukup cuci saja. karena tak ada satu penjelasanpun yang mengatakan apabila air liur tersentuh kulit dan kain harus disamak.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Org Islam sgt blh memelihara anjing ... Alquran tdk melarangnya .. Air liurnyapun jika terkena tubuh tdk hrs dicuci spt bejana air minum yg terkena air liur anjing, cukup dibasuh pake sabun pembersih sj karena tdk ada hadits yg menyebutkan anggota tubuh yg terkena air liur hrs dicuci 7x ditambah dicuci pake tanah sebagaimana bejana untuk minum yang airnya terjilat oleh anjing, krna kulit manusia sdh diciptakan Allah pnya kekuatan anti body untuk menahannya ...

      Delete
    8. Silahkan aja kalo mau piara. Toh amalan masing2 orang yg nanggung orang itu sendiri. Yg jelas udah ada dalilnya tentang anjing. Tinggal mau ikut apa ngga. Ato mau ati2 urusan itu ato nggak, itu jd urusan sendiri2. Udah ada jelas kewajiban sholat buat muslim, toh msh banyak jg org muslim yg ngga sholat. Apalagi ini, cuma urusan anjing. Jadi silahkan aja, terserah pemahaman sendiri2.. btw artikelnya cukup bagus. Trims.

      Delete
  12. Makasih banget nih, ini pertanyaan yang ane tanya dari kecil hehe

    ReplyDelete
  13. makasih saya salah satu pencinta anjing tapi didaerah saya orang orangnya kaku dikit dikit dilarang agama kalo memilihara anjing .. saya akan suruh baca neh blog biar mata dan pandangan mereka terbuka setelah baca ini . dan saya tidak di ceramahin mulu kalo lagi main sama anjing saya.


    makasih yah

    ReplyDelete
  14. gan ijin copas yh, saya akan menambahkan sumbernya gan :D

    ReplyDelete
  15. ijin copas gan,,, inti ny kita ikut mazhab yang mana??? kalo Mazhab imam Syafii dan imam Hambali,,, kubur dlm" utk piara hewan ini, kalo kita ikut Mazhab Hanafi maupun imam Maliki cukup menghindar dr aer liur hewan ini..... kesimpulan yg memuaskan,,,, tp saya ikut Mazhab Syafii ::::: niat hati ingin pelihara tapi ngga boleh

    ReplyDelete
  16. Klo menurut saya boleh saja memelihara anjing,,asalkan di pekarangan rumah dan sesuai dgn fungsi dan tujuan memelihari anjing,,ajing jg ciptaan ALLAH SWT...dan memelihari anjing menurut saya tdk haram....hanya Air liur dan mulutnya yg najis,,,hukumnya saja sudah beda haram dan najis,,,

    ReplyDelete
  17. stelah bc tulisan ne...tandatanya di kepala t'jwb sdh, & aq ngerti skrg napa sbagian muslim make jasa anjing untuk penjaga rmh. M'kasih

    ReplyDelete
  18. Bismillaaah...
    Kalo perlu ya pelihara, kalo gak perlu ya gak usah.

    ReplyDelete
  19. kalo air liur kucing atau sapi itu najis juga hak. Secara dia punya bulu, kaki 4. ingat kucing juga sumber penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di haramkan cm anjing

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Alquran tdk mengharamkan pelihara anjing ... Bahkan dlm srt Al Maidah ayat 4 yg diperkuat Hadits Muslim 3562, dimana binatang hsl buruan yg dibunuh anjing terlatih lwt mulutnya yg pasti ada air liurnya tsb yg sblm dilepas dalam berburunya tsb sdh menyebut nama Allah, maka dagingnya blh dimakan tanpa ada kata2 najis atau haram tuch ??? ... Lalu knp skrng org2 Islam msh mengharamkan anjing ... ??? Kalo takut rahmat Allah tdk sampe krna ada hadist yg mengatakan bahwa Malaikat Rahmat tdk akan dekati rmh org yg pelihara anjing, tp knp ada pelacur yg dimasa akhir hdpnya dia memberi minum anjing yg kehausan bs dijanjikan Allah msk syurga ?? Jg ttg sejarah bbrpa pemuda bersama anjing mereka yg ditdrkan Allah slma beratus2 thn dlm goa ternyata rahmat Allah jg tlh menyelamatkan mrka ??? .. Kisah Assabul kahfi ini jls2 ada dlm quran ... Lalu apakah larangan memelihara dan mengharamkannya ada dlm Alquran ??? .. Jk tidak ada, maka sgt naif kalo kita mengatakan haram memelihara anjing karena alasan najis yang tidak berdasrkan Quran tersebut, pdhal Allah tdk melarangnya ..????

      Delete
  20. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    ReplyDelete
  21. mungkin gambar porno kali ya.. kalo itu memang haram..!! hehehe..

    ReplyDelete
  22. Semua hewan juga sumber penyakit, bahkan manusia pun juga. Bukannya islam tidak membeda bedakan makluk?
    Kalo ulama mengharamkan pelihara anjing, tetapi beliau memajang gambar atau foto. (Gambar makluk hidup atau foto makluk hidup). Aku semakin tidak paham.

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat skali.. thanks so much :D

    ReplyDelete
  24. Hewan buruan anjing halal krn harus dicuci dan dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Najis liur masuk bejana, maka bejana harus dicuci, itu menjelaskan, liur anjing itu najis. Lewat bejana saja najis, apalagi terkena langsung. Malaikat hanya tak ingin masuk, bukan tak bisa mencatat amal perbuatan manusia. Memelihara anjing dalam rumah, pastilah meninggalkan najis dibeberapa tempat oleh anjing tersebut, kita tidak tau persis di bagian mana letak najis tersebut. Untuk itu, lebih bik tidak masuk sama sekali.

    ReplyDelete
  25. saya punya tetangga, pekerjaannya marimin, muslim.. dia cerita, dulu dia punya luka, lukanya dijilat anjing, berangsur angsur sembuh. anjing sendiri kalau ada luka di tubuhnya. di jilat2 berangsur angsur sembuh. yah.. klu menurut saya, air liur anjing itu gak najis, saya dirumah piara anjing ras, campuran siberian husky & Pitbull. gak semua anjing air liurnya banyak loh..anjing jenis tertentu bisa dijadikan sahabat bermain.. manusia itu derajatnya lebih tinggi dari binatang, pasti tahulah cara menjaga kebersihan, habis bersih2 rumah pun, megang apapun yang kotor2, otosmastis cuci tangan, klu perlu mandi, gak tau lagi kalau manusianya cap kemproh...hehehe..Semua ciptaan Tuhan itu tidak ada yang sia2, semuanya baik, apa bisa manusia mencipta mahluk hidup?, manusia hanya bisa mencipta.menurut kreativitas otak/akal/pikiran yang semuanya itu ciptaan Tuhan. Jadi jangan menghakimi binatang misal anjing itu najis.maafkan klu ada kata2 yang kurang pantas. . .

    ReplyDelete
  26. Saya heran sekali ya ada yg blg qurban itu seperti menyiksa binatang.yang sy pikir yg menanyakan emg ga perna makan daging ya? Dan tau kan daging itu berasal dr apa.dr hewan yg dibunuh.sama kaya qurban.dan proses pemotongan binatang itu di islam ada caranya.harus pisau yg tajam jd prosesnya jg cpt dan TIDDAK MENYIKSA binatang nya.

    ReplyDelete
  27. Jaman dulu.. terutama di arab yang notabene air bersih merupakan sesuatu yang sulit di dapat. Sehingga penting untuk dijaga kebersihannya.. sedangkan ajing notabene juga suka menjilat/meneteskan liur digenangan air otomatis akan mengotori air tsb. Itu mengapa anjing tidak boleh dipelihara oleh rumah tangga pada masa itu.. sedangkan kencing dan kotoran anjing sama saja najisnya dengan mahluk2 lain di dunia termasuk manusia sekalipun.. daging anjing tidak boleh dimakan krn anjing merupakan karnivora/omnifora dan tidak memamabiak.. tetapi anjing adalah hewan yang paling PINTAR DAN MULIA yang bisa berdampingan dgn manusia.. terutama di kehidupan modern ini kita bisa dengan mudah mentrasport air dan dengan adanya sabun dapat menjaga sanitasi thdp manusia.. jadi tidak masalah memelihara anjing.. krn niatnya pun memberi makan mahluk ciptaan Allah. Bulan untuk ditelantarkan.. TUHAN TIDAK MENCIPTAKAN MAHLUK HANYA SEKEDAR DIHARAMKAN SAJA.. KARENA SETIAP MAHLUK MEMELIKI TUJUAN.. APA LAGI ANJING MEMILIKI LOYALITAS YANG LEBIH MULIA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bahkan sapi dan SEBAGIAN TUBUH kambing pernah diharamkan buat Yahudi, dan kemudian keduanya halal buat umat Islam. Kalau pengharaman itu berdasarkan banyaknya keburukan pada hewan bersangkutan, tentu sapi dan kambing yang kita makan sudah "diputihkan" oleh Allah SWT dengan kun faya kun-Nya. Apakah memang demikian?

      Delete
  28. Saya mau nambah masukan...anjing itu cuma manfaat untuk tuannya...
    Bukan untuk orang lain...
    Waktu saya lewat di perumahan salah satunya ada anjingnya mala dia menggonggong pada saya..padahal saya cuma lewat bukan maling apalagi membunuh tuannya.
    Masalah di surah al kahfi itu zaman sebelum rasulullah di lahirkan...
    Rasulullah di lahirkan hanyalah menyempurnakan agama tauhid..
    Ada lagi contoh pada zaman nabi sulaiman istana nya penuh hiasan patung alias berhala,umatnya banyak yang salah faham dengan hal demikian,sama umatnya lama2 mala di sembah,datangnya zaman rasulullah di dalamnya ka'bah ada berbagai patung2 akhirnya rasulullah menyuruh hancurkan patung2 di dalam ka'bah tersebut.
    Dalam al quran cari yang positif aja...
    Anjing itu manfaat bagi tuannya aja...

    ReplyDelete
  29. thank atas informasi nya...............

    ReplyDelete
  30. thanks very much, sangat bermanfaat...........................

    ReplyDelete
  31. Coba deh kalo ada yg bilang haram, kita haram2in orang itu juga biar tau rasanya di haram2in kaya apa. Ngaku orang beragama tapi liat anjing dipukuli, di usir, bukan kasih makan atau rawat apa itu orang beriman? Setau saya sih orang beriman dan beragama saling mengasihi sesama makhluk hidup. Berarti hidup dia yg hina haram dan najis buat di dekati.

    ReplyDelete
  32. 1) Ketidak-haraman anjing telah dijelaskan cukup panjang lebar dalam anotasi yang diberikan oleh A. Hasan dalam kitab "Bulughul Mahram." Ini satu.
    2) Dasar pengharaman najis (liur anjing) dalam tulisan ini ialah al-Araf 157. Dalam kitab terjemahan “Qur’an Karim” dan umumnya terjemahan Indonesia, bagian ayat ini memang menyinggung kehalal-dan-haram” makanan. Akan tetapi, dalam terjemahan bahasa Inggris kehalal-danharaman” ini terkait dengan perbuatan. Karena itulah, tafsir Sayyid Qutub tidak menyinggung hal ini.
    3) Para ulama terdahulu berhujjah, “ . . . dalam hal ini umumnya ulama mengatakan bahwa karena air liur itu bersumber dari tubuh anjing, maka OTOMATIS tubuhnya pun harus NAJIS JUGA. Sangat tidak masuk akan kalau kita mengatakan bahwa wadah air yang kemasukan moncong anjing hukumnya jadi najis, sementara tubuh anjing sebagai tempat munculnya air liur itu kok malah tidak najis. . . .” NAUZU BILLAH MIN ZALIK.
    Tampaknya para ulama ini cuma komat kamit membaca Qur’an tanpa paham apa arti (jangankan makna) apa yang dibacanya, khususon ketika membaca:
    “Telah kami haramkan atas orang-orang Yahudi tiap-tiap hewan yang memupnyai kuku satu. Di antara sapi dan kambing. Kami haramkan atas mereka itu lemak keduanya, KECUALI YANG TERLETAK DI PUNGGUNG keduanya atau PERUT MUDA atau YANG BERCAMPUR DENGAN TULANG. Demikianlah Kami balasi mereka itu, karena kejahatan mereka sendiri. Sungguh Kamilah yang benar.”
    Tidakkah para ulama terdahulu itu memahami bahwa Allah SWT saja tidak mengharamkan bagian yang tidak haram di antara sapi dan kambing? Dari Tuhan (selain Allah SWT) mana lagi mereka mendapat ilham untuk mengharamkan tubuh anjing? NAUZU BILLAHI MIN ZALIK.
    “Katakanlah: Adakah kamu pikirkan apa-apa yang diturunkan Allah kepadamu di antara rezeki, lalu KAMU JADIKAN SETENGAHNYA HARAM DAN HALAL. Adakah Allah mengizinkan demikian kepadamu, atau kamu mengadakan dusta terhadap Allah?”
    Atauka para ulama terdahulu itu mendapat bisikan dari syaithon laknatullah:
    “Jangan pula kamu berkata dusta menurut yang diterangkan oleh lidahmu sendiri. Ini halal dan ini haram, supaya kamu mengadakan dusta terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengadakan dusta terhadap Allah tidak beroleh kemenangan.”
    NAUZU BILLAHI MIN ZALIK . . . .
    4) Dari firman Allah SWT:
    “ . . . Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan buruan hewan (anjing) pemburu yang terpelajar, yang kamu lepaskan, sedang kamu telah mengajarinya dari pada ajaran yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah hewan yang ditanggap hewan (anjing) pemburu itu dan sebutkanlah nama Allah ketika melepaskannya dan takutlah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat lekas menghisabny.”
    Bagi yang pernah memirsa teve NatGeo atau NatWild, cara membunuh hewan buas ialah dengan menggit tenggorokan mangsanya sekuat tenaga mereka sehingga si mangsa tercekik dan mati (tanpa mengeluarkan darah atau sangat sedikit dibanding dengan darah sembelihan). Selama proses pencekikan hingga tewas ini, tentu jantung si mangsa masih tetap bekerja, yang menyebabkan aliran darah juga masih beredar. Akibatnya, air liur (sedikit banyaknya) si anjing pasti akan ikut terbawa keseluruh tubuh si mangsa yang sedang meregang nyawa. Mengapa para ulama terdahulu tidak mengharamkan hewan buruan yang tidak disembelih alias tercekik dan mengapa pula para ulama terdahlu tidak mengharamkan hewan buruan yang sudah tercemar oleh air liur anjing pemburu?
    Ayat ini sekaligus menyiratkan bahwa NAJIS ITU TIDAK HARAM dan terjemahan bahasa Indonesia al-A’raf 157 pada bagian halal dan haram itu bukan terhadap makanan tetapi lebih terhadap perilaku seperti pada terjemahan Qur’an berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. bismillah hrormanirrhiem.. ass.. saudara q smua bukan.a sya so tau atau so pintar bahkan mungkin sya hannya kaum awam.. di bandingkan sodara smua.. tpi saya pernah mendengar ceramah yg berbunyi.. jika km mampuh.tau dan pasti maka katakan lah dn jalankan lah akan tetapi jika km ta tau bahkan ragu.. maka ikutilah orang orang yg dpercya tau.. sperti para imam besarr.. jgn ragu karna suatu saat akan ada pertanggung jwaban.. klo sya mengikuti imam shafi.i dan hendahlah kita tidak boleh pimplan skali shafi.i ttp shafi.i karna suatu ke.imanan adlah yakin tanpa ada keragu raguan.. dan suatu saat di dlam kubur maka akan di tayakan siapa imam mu.. dan di situ lah alasan kayakinan itu yg akan mnjwb dgn pasti siapa imam q y itu imam safi.i dan nabi ku muhamad.. dst.. jd klo sodara jd ksimpulan.a klo ada sudah ykin benar 100% maka jalani apa yg anda yakini toh nanti.a juga itu bwat anda sendiri ttpi klo tidak yakin silahkan diskusikan dgn para ahli scara 4 mata / langsung sama orang.a atu jikala kita pun tau imam kita sudah jelass berkta demikian dan kbyakan orah soheh berkata dmikian dan kita tinggal yakini saja.. dan sklai lagi perbdaan pendpan adlah anhngrah jd jgn smpai ada timbul ktidak harmosisan di antara kita dan sodara sodara yg lain mohon di phami maksud. saya dan sya mhon maaf yg sbesar bsar.a jika ada yg slah atau merasa tersinggung dan sbgai.a ssuangguh.a kesalahn itu datang dari diri saya dan kebenaran hanya milik alloh swt ass..

    ReplyDelete
  35. bismillah ass.. oh ya menyinggung tetang imam shafi.i dan yg lain saya punya sbuah contoh atau logika sderhana.a " ibarat.a kita adalah menumpang yg mau naik motor tetapi kita tidak bisa dan tdak pham bagai mna menjalankan.a kita hanya membaca buku panduan.a saja pa kita bkalan bisa lang sung menjalankan motorr trsbut tentu tidak akan.. nah sdang para imam ini adalah atau ibaratkan sopir.a yg sudah jelas jelas.. dia bisa mnjalankan motor trsbut.. nah klo kita ingin slmat smpai tjuan.. kita lbih mmilih ikut saja jd pnumpang dan sopir yg mnjlakan mtorr trsebut ataw karna kita yakin karna kita sudah baca smua ptunjuk.a jd kita tdak perlu sopir untuk ke tjuan trsbut.. pakh dgn cara ini anda ykin psti akan slmat klo mnurut logika sya si ga ykin slmat jd dari pada ga smpai tjuan yg akhir.a celaka mnding jd penumpang aje yg dah psti slmat di antar sopir.. sya kmbalikan lg kpda dri sodara sodara sklian.. skli lgi perbedaan pendpt itu anugrah jd jgn smpai kita slah pham ats smua inti dari ulasan atau topik post ini.. wallohualam ass....

    ReplyDelete
  36. Hewan yg bisa hidup bersamaan dengan manusia atau yg paling sering Di jumpai Di sekitar kita,kucing Dan anjing.
    Klo kita tdk suka salah satunya,paling tdk jgn lah menyakitinya.
    Kalaupun tanpa adanya hewan tsb,sy yakin hidup ini tdk Indah.
    Bumi Di ciptakan beserta isinya manusia,hewan,tumbuhan.
    Apakah anda tega melihat seekor kucing atau anjing kelaparan.
    Klo kucing msh beruntung,bnyk yg mau terima walaupun terkadang harus Di tendang,Di siram air,
    Dan yg paling menyedihkan lagi anjing
    Yg Di buang pemiliknya. Yg gak tau mesti kmana.krna setiap dia jumpa manusia,...Di lempar,Di usir,bahkan Di bully.ksana ksini serba salah.
    Coba deh renungkan sedikit.

    ReplyDelete
  37. Hewan yg bisa hidup bersamaan dengan manusia atau yg paling sering Di jumpai Di sekitar kita,kucing Dan anjing.
    Klo kita tdk suka salah satunya,paling tdk jgn lah menyakitinya.
    Kalaupun tanpa adanya hewan tsb,sy yakin hidup ini tdk Indah.
    Bumi Di ciptakan beserta isinya manusia,hewan,tumbuhan.
    Apakah anda tega melihat seekor kucing atau anjing kelaparan.
    Klo kucing msh beruntung,bnyk yg mau terima walaupun terkadang harus Di tendang,Di siram air,
    Dan yg paling menyedihkan lagi anjing
    Yg Di buang pemiliknya. Yg gak tau mesti kmana.krna setiap dia jumpa manusia,...Di lempar,Di usir,bahkan Di bully.ksana ksini serba salah.
    Coba deh renungkan sedikit.

    ReplyDelete
  38. jangan banyak selisih jika kalian beriman jangan tanya kenapa tapi yakinlah sama ALLah.saya sendiri aja mualaf dulu sy suka sama anjing.tapi setelah masuk islam saya jalankan perintahnya tanpa bertanya.ingat ALLAH itu lebih tau yang mana lebih baik unuk umatnya.ALLAH bersabda aku bersama satu perasangka hambaku

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. JIKA ANJING MEMANG DIHARAMKAN LALU KENAPA DIA DICIPTAKAN?

    ReplyDelete
  41. Kalau di pelihara karena suka gimana? Saya masih belum puas dengan dalil tentang anjing di dalam rumah, saya masih bertanya tanya apakah salah anjing sehingga malaikat tidak mau masuk?

    ReplyDelete