Saturday, November 14, 2009

Kenapa Anjing itu diharamkan untuk Seorang Muslim.

Kenapa Anjing itu diharamkan untuk Seorang Muslim.

Bagi kalian yang bertanya-tanya seperti saya simak yuk tulisan ini.

Question :

Benarkah seorang muslim haram memelihara anjing?

Anjing itu hewan yang lucu dan setia kenapa diharamkan memeliharanya?

Bagaimana hukumnya orang buta yang memelihara anjing sebagai penuntun? Apakah diperbolehkan?

Apakah anggapan bahwa anjing itu haram dipelihara itu benar? mengingat Allah SWT telah menganugrahkan berbagai kepintaran dan kecerdikan pada anjing yang sangat bermanfaat bagi manusia?

And etc….

The answer is :

Sebenarnya islam hanya melarang seorang muslim untuk memeliharanya di dalam rumah, kecuali bila ada manfaatnya untuk menjaga rumah. Dan untuk itu, anjing tidak dipelihara di dalam rumah melainkan di luar rumah. Dan hanya air liur anjing yang di haramkan oleh islam.

Kenapa ?...

Ada sebuah dalil yang sering dijadikan dasar oleh para ulama untuk tidak memelihara anjing di dalam rumah.

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW menunggu Jibril as pda saat yang telah ditentukan. Namun Jibril tidak datang pada saatnya, sehingga nabi melempar tongkat dari tangannya dan berkata, “Allah tidak mengingkari janjinya, demikian juga dengan rasulnya.” Kemudian beliau SAW menoleh dan mendapati seekor anjing di kolong tempat tidurnya. “Wahai Aisyah, sejak kapan anjingi itu masuk ke sini?” Aisyah menjawab, “Aku tidak tahu.” Maka beliau SAW memerintahkan agar anjing itu dikeluarkan. Maka datanglah jibril dan Rasulullah SAW bertanya, “Engkau telah janji dan aku telah duduk menunggu, tapi Engkau tidak datang, mengapa?” Jibril menjawab, “Anjing di dalam rumahmu itu telah mencegahku. Sesungguhnya kami tidak masuk ke dalam rumah yang ada anjing dan gambar.” (HR Muslim)

Hadits ini dan hadits lainnya yang sejenis telah dijadikan dasar oleh para ulama untuk mengharamkan umat Islam memelihara anjing di dalam rumah.

Bagaimana penjelasan di Al-Quran?...

Di dalam Al-Quran Al-Kariem, di dalam salah satu ayatnya justru memberi isyarat tentang bolehnya seorang muslim memelihara anjing. Namun fungsinya jelas, yaitu sebagai anjing pemburu yang bertugas untuk berburu hewan buruan. Dan memang tidak dipelihara di dalam rumah, karena memang haram hukumnya.

Simaklah ayat berikut ini:

Mereka menanyakan kepadamu, “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan oleh binatang buas (anjing )yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya.(QS. Al-Maidah: 4)

Keterangan ayat :

Al-Mukallab adalah hewan buas apa saja, termasuk di dalamnya anjing, burung elang dan lainnya. Semuanya harus sudah terlatih, menurut kepada perintah tuannya, dan ketika melepasnya diucapkan basmalah.

Di ayat lain, juga disinggung tentang para hamba Allah yang menghuni gua (ashhabul kahfi), di mana mereka memiliki seekor anjing yang mengikuti selama pelarian dan persembunyian.

Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan raqim (anjing)itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? (QS. Al-Kahfi: 9)

Penjelasan ayat :

Meski ada beberapa perbedaan pendapat tentang makna raqim di dalam ayat ini, namun tidak sedikit yang berpendapat bahwa raqim adalah nama anjing milik salah seorang dari mereka.

Ayat ini menunjukkan setidaknya umat Islam di masa lalu, sebelum masa kenabian Muhammad SAW, dibolehkan memelihara anjing.

Bagaimana dengan Kenajisan Anjing?...

Selain keharaman memelihara anjing di dalam rumah, seorang muslim yang memelihara anjing untuk penjaga atau pemburu juga harus memperhatikan sisi lainnya, yaitu faktor kenajisan air liur anjing dan tubuhnya juga.

Ada beberapa hadits nabawi yang secara tegas menyebutkan bahwa air liur anjing hukumnya najis. Di antaranya hadits berikut ini:

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Bila seekor anjing minum dari wadah milik kalian, maka cucilah 7 kali. (HR Bukhari 172, Muslim 279, 90).

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Sucinya wadah kalian yang dimasuki mulut anjing adalah dengan mencucinya 7 kali.” Dan menurut riwayat Ahmad dan Muslim disebutkan salahsatunya dengan tanah.” (HR Muslim 279, 91, Ahmad 2/427)

Penjelasan ayat :

Meski demikian, kedua hadits di atas masih dalam batas najis air liurnya saja. Tetapi apakah badannya juga najis, ternyata para ulama masih berbeda pendapat dalam membreak-down pengertiannya. Sebagian ulama menghukumi anjing sebagai hewan yang najis berat (mughallazhoh), bukan hanya air liurnya saja, tetapi juga seluruh tubuhnya. Namun ada sebagian ulama yang tidak menghukumi najis anjing pada badannya, kecuali hanya air liurnya saja sebagai najis berat.

Menurut kalangan ulama tentang kenajisan anjing sesuai apa yang terdapat dalam kitab-kitab fiqih rujukan utama:

1. Mazhab Al-Hanafiyah

Dalam mazhab ini, yang najis dari anjing hanyalah air liurnya, mulutnya dan kotorannya. Sedangkan tubuh dan bagian lainnya tidak dianggap najis. Kedudukannya sebagaimana hewan yang lainnya, bahkan umumnya anjing bermanfaat banyak buat manusia. Misalnya sebagai hewan penjaga atau pun hewan untuk berburu. Mengapa demikian?

Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing, yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja (termasuk kotorannya) yang dianggap najis. Lihat kitab Fathul Qadir jilid 1 halaman 64, kitab Al-Badai` jilid 1 halaman 63.

2. Mazhab Al-Malikiyah

Mazhab ini juga mengatakan bahwa badan anjing itu tidak najis kecuali hanya air liurnya saja. Bila air liur anjing jatuh masuk ke dalam wadah air, wajiblah dicuci tujuh kali sebagai bentuk ritual pensuciannya. Silahkan periksa kitab Asy-Syarhul Kabir jilid 1 halaman 83 dan As-Syarhus-Shaghir jilid 1 halaman 43.

3. Mazhab As-Syafi`iyah dan Al-Hanabilah

Kedua mazhab ini sepakat mengatakan bahwa bukan hanya air liurnya saja yang najis, tetapi seluruh tubuh anjing itu hukumnya najis berat, termasuk keringatnya. Bahkan hewan lain yang kawin dengan anjing pun ikut hukum yang sama pula. Dan untuk mensucikannya harus dengan mencucinya tujuh kali dan salah satunya dengan tanah.

Logika yang digunakan oleh mazhab ini adalah tidak mungkin kita hanya mengatakan bahwa yang najis dari anjing hanya mulut dan air liurnya saja. Sebab sumber air liur itu dari badannya. Maka badannya itu juga merupakan sumber najis. Termasuk air yang keluar dari tubuh itu juga, baik kencing, kotoran dan juga keringatnya.

Pendapat tentang najisnya seluruh tubuh anjing ini juga dikuatkan dengan hadits lainnya antara lain:

Bahwa Rasululah SAW diundang masuk ke rumah salah seorang kaum dan beliau mendatangi undangan itu. Di kala lainya, kaum yang lain mengundangnya dan beliau tidak mendatanginya. Ketika ditanyakan kepada beliau apa sebabnya beliau tidak mendatangi undangan yang kedua, beliau bersabda,

“Di rumah yang kedua ada anjing sedangkan di rumah yang pertama hanya ada kucing. Dan kucing itu itu tidak najis.” (HR Al-Hakim dan Ad-Daruquthuny).

Dari hadits ini bisa dipahami bahwa kucing itu tidak najis, sedangkan anjing itu najis. Lihat kitab Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halaman 78, kitab Kasy-syaaf Al-Qanna` jilid 1 halaman 208 dan kitab Al-Mughni jilid 1 halaman 52.

Lalu bagaimana menurut kesahatan tentang memelihara anjing?

Air liur anjing sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Jangan remehkan air liur anjing, walaupun anjing tersebut telah lama dipelihara dengan cara yang bersih, sehat serta diberi makanan yang bersih dan sehat pula. Air liur anjing dari jenis apapun berbahaya bagi manusia. Persatuan Dokter Kesehatan Anak di Munich-Jerman, mengungkapkan bahwa air liur anjing mengandung berbagai kuman penyebab penyakit.

Bakteri tersebut dapat masuk dan menyerang organ dalam manusia melalui sistem terbuka. Resiko tertular penyakit kian besar apabila terkena gigitan anjing. Anjing yang kecil dan manis mungkin hanya meninggalkan luka kecil ketika menggigit manusia. Meski lukanya tak kasat mata, tetap dianjurkan untuk segera diobati ke dokter.

Karena luka gigitan dapat menjadi jalan masuk bagi kuman-kuman berbahaya yang berbiak pada liur anjing. Gigitan anjing paling tidak melubangi jaringan kulit dan menjadi pintu masuk kuman. Korban harus memperoleh perawatan dokter, "minimal dengan diberi suntikan anti-tetanus" kata dokter kesehatan anak Thomas Fendel. Bahaya anjing tidak hanya pada liurnya saja.

Menurut peneliti dari Universitas Munich, menyatakan bahwa memelihara anjing meningkatkan resiko kanker payudara. Peluang/ resiko mengidap kanker oleh karena memelihara anjing jauh lebih besar dibanding memelihara piaraan lain seperti kucing dan kelinci. Sebanyak 79,7 % penderita kanker payudara ternyata sering bercanda dengan anjing, diantaranya dengan memeluk, mencium, menggendong, memandika, dan semua aktivitas perawatan anjing. Hanya 4,4 % pasien yang tidak memiliki hewan peliharaan. Di Norwegia, 53,3 % dari 14.401 pemilik anjing mengidap kanker. Ternyata kanker pada anjing dan manusia disebabkab oleh virus yang sama yaitu : mammary tumor virus (MMTV). Binatang piaraan lain membawa bibit kanker, tetapi karena tipenya berbeda maka tak mudah menular pada manusia. Untuk itu sebaiknya menghindari kontak langung dengan anjing.

Demikian semoga dapat berguna yaaa…..

32 comments:

  1. wah menarik sekali.. ini yang saya pertanyakan dari dulu.. ehehe
    oiya, sekalian mau ijin repost boleh nggak? :)

    ReplyDelete
  2. makasih atas cmntny...
    mdah2an dapt membantu,,,,
    wahaha repost ya bleh2 ajah asl cntumkan sumberny ajah...ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih nih artikelnya, menarik sangat

      Delete
  3. berarti bagi rumah yang ada gambarnya malaikat juga tidak mau masuk?

    ReplyDelete
  4. mnrut w c kl gmbar aj ga akn mempengaruhi krn yng njis itu kn air luirnya yah... kl gmbar kn ga ad unsur najisnya....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambarnya yg gmana dlu donk, kan bnyak , kek gmbar cewe sexy udah jelas malaikat gakan pernah mau masuk ,perhatiin aja dlu gmbarnya bukan najis gambarnya.

      Delete
  5. mau minta referensi nya dong....
    terima kasih sebelumnya..
    kalo bisa kirim ke zulu.tangosierra@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Kalau memang malaikat takut ketemu anjing... trus, kira-kira, malaikat apa ya yang mencabut nyawa anjing? sampe-sampe, ada temen yang bilang.. kalo mau berbuat maksiat, kita masukin aja anjing ke dalam rumah dulu.. dijamin, dosa kita gak dicatet sama malaikat, soale malaikatnya gak berani masuk ke dalam rumah karena ada anjingnya.. xixixi...

    Trus, kalau takut mati, piara anjing aja.. anjingnya selalu ada di sisi kita.. jadi malaikat pencabut nyawa juga nggak berani deket-deket untuk nyabut nyawa kita... xixixi...

    peace... ini hanya intermezo aja :))

    ReplyDelete
  7. wah ini artikel yg ak cari2 daridulu.. tanda tanya besarrrr dikepala..

    @Luna.... lu salah besar tuh.. g bener anggapan yg begitu.

    ReplyDelete
  8. malaikat rahmat yang ga mau masuk, cz najis, klo malaikat pencabut nyawa, iblis juga bakal didatengin pun, apalagi anjing..ada2 saja..jangan hadis/quran dibuat bercandaan. ga boleh

    ReplyDelete
  9. Dogs are men best friend!...dia selalu setia menjaga tuannya....Film: animal wittness di Animal planet; ad sebuah eposode yg menggambarkan bagaimana seekor anjing membela tuannya yd diserang lalu dibunuh, bahkan anjing itu sendiri ditembak oleh permapoknya...dlaam keadaan sekarat anjing itu dibawa ke RS, akhirnya mati, namun dari bagian tubuh anjing itu si perampok dan pembunuh majikannya bisa ditangkap...

    ReplyDelete
  10. IZIN COPAS YA UNTUK ARTIKELNYA? DAN TERIMAKASIH SEBELUMNYA..

    ReplyDelete
  11. trus intinya boleh kan,muslim pelihara anjing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa bilang orang ISLAM gak boleh piara anjing?
      dengan catatan :

      1.untuk tujuan jelas(menjaga rumah atau hewan ternak atau melindungi rumah dari maling).

      2.pegang dan elus elus pegang badannya( tapi yang najis kan air liurnya iya tapi anjingkan suka jilat jilat tubuhnya) juga boleh asal sesudah itu kita bersihkan selama 7 kali baru kita boleh sholat.

      3.tidak boleh memasukan anjing dalam rumah karena malaikat(malaikat kebaikan bukan malaikat PENCABUT NYAWA ogah masuk rumah)

      4.“Diampunkanlah seorang pelacur yang melewati anjing (yang berada di atas sumur) yang menjulurkan lidahnya dan hampir mati kehausan, lalu wanita itu melepas sepatunya dan diikat dengan kerudungnya lalu ia membawa air kepada anjing itu maka dia (wanita tsb), diampuni karenanya” (Hadits: HR.Bukhari).

      5.Intinya boleh saja kita memlihara anjing yang pasti bermanfaat dan tidak memnggagu orang lain(mengonggong,mengigit,dll) dan kita wajib membersikan diri selama 7 kali,mau?

      6.Jangan ada pikiran dengan membunuh anjing kita dapat pahala atau tidak berdosa itu SALAH besar bro di islam kita di ajarkan saling menyayangi kepada semua mahluk hidup(lihat nomer 4).

      7.apakah anda bisa sebelum sholat membasuhnya selama 7 kali? kalo iya silahkan pelihara :)

      8.jikalau mau mengetahui sesuatu janganlah setengah setengah tanyalah kepada orang yang benar benar ngerti tentang islam(tahu isi dan arti al-quran)

      9.saya muslim dan sangat suka sekali dengan anjing setiap kali ada ulama,ustad,pak haji yang saya kenal saya selalu bertanya tentang anjing dalam islam.
      tapi sampai sekarang saya gak punya anjing habisnya malas tuk basuh 7kali itu bro :D

      10.jikalau ada SALAH mohon di koreksi.

      Delete
    2. Mau tanya, kalau dalam ajaran islam diajarkan utk menyayangi hewan,lalu lkenapa ada kurban? Dan hal ini diwajibkan utk membunuh dan memotong sapi. Bukan kan itu hal yg cukup kejam, byk sapi yg kabur dan mengamuk saat hari itu tiba. Dan setahu saya sapi/kerbau bisa menangis jika ia akan dipotong. Bukankah itu sama saja seperti membunuh makhluk yg sedang sekarat? Dan bukankah ini artinya kita membunuh makhluk ciptaan Tuhan? Saya ingin tahu saja.. :)

      Delete
    3. Mau tanya, kalau dalam ajaran islam diajarkan utk menyayangi hewan,lalu lkenapa ada kurban? Dan hal ini diwajibkan utk membunuh dan memotong sapi. Bukan kan itu hal yg cukup kejam, byk sapi yg kabur dan mengamuk saat hari itu tiba. Dan setahu saya sapi/kerbau bisa menangis jika ia akan dipotong. Bukankah itu sama saja seperti membunuh makhluk yg sedang sekarat? Dan bukankah ini artinya kita membunuh makhluk ciptaan Tuhan? Saya ingin tahu saja.. :)

      Delete
    4. sebenarnya semua agama mengajarkan kebaikan dan menyayangi seluruh mahluk ciptaan Tuhan. bukan hanya yang bernyawa seperti manusia dan binatang tapi juga alam sekitarnya.

      Dan konteks "kurban" dalam islam adalah untuk bersedekah kepada orang2 yang kurang mampu. Dan hewan2 yang di kurban juga ada batas usia. maka tidak sembarangan.

      Terkadang manusia selalu lupa dengan lingkungan sekitarnya dan tetangganya. dengan adanya "idul adha dan kurban" Tuhan selalu mengingatkan kita kepada orang2 yang seharusnya kita bantu.

      Dan dengan begitu jika ada rezeji yang berlimpah kita dapat melakukan kurban tidak hanya pada hari raya idul adha saja.

      karena banyak orang yang membutuhkan pertolongan kita.

      sekiranya jawaban saya seperti itu.
      Intinya pertanyaannya adalah "bukan kenapa? tapi untuk apa?"

      selama untuk kebaikan apalagi membantu sesama dan tidak merugikan orang lain dan alam sekitar, saya kira itu baik-baik saja.

      Delete
    5. Air liur anjing yang dibejana saja yang harus di samak, bila terkena kulit atau pakaian cukup cuci saja. karena tak ada satu penjelasanpun yang mengatakan apabila air liur tersentuh kulit dan kain harus disamak.

      Delete
  12. Makasih banget nih, ini pertanyaan yang ane tanya dari kecil hehe

    ReplyDelete
  13. makasih saya salah satu pencinta anjing tapi didaerah saya orang orangnya kaku dikit dikit dilarang agama kalo memilihara anjing .. saya akan suruh baca neh blog biar mata dan pandangan mereka terbuka setelah baca ini . dan saya tidak di ceramahin mulu kalo lagi main sama anjing saya.


    makasih yah

    ReplyDelete
  14. gan ijin copas yh, saya akan menambahkan sumbernya gan :D

    ReplyDelete
  15. ijin copas gan,,, inti ny kita ikut mazhab yang mana??? kalo Mazhab imam Syafii dan imam Hambali,,, kubur dlm" utk piara hewan ini, kalo kita ikut Mazhab Hanafi maupun imam Maliki cukup menghindar dr aer liur hewan ini..... kesimpulan yg memuaskan,,,, tp saya ikut Mazhab Syafii ::::: niat hati ingin pelihara tapi ngga boleh

    ReplyDelete
  16. Klo menurut saya boleh saja memelihara anjing,,asalkan di pekarangan rumah dan sesuai dgn fungsi dan tujuan memelihari anjing,,ajing jg ciptaan ALLAH SWT...dan memelihari anjing menurut saya tdk haram....hanya Air liur dan mulutnya yg najis,,,hukumnya saja sudah beda haram dan najis,,,

    ReplyDelete
  17. stelah bc tulisan ne...tandatanya di kepala t'jwb sdh, & aq ngerti skrg napa sbagian muslim make jasa anjing untuk penjaga rmh. M'kasih

    ReplyDelete
  18. Bismillaaah...
    Kalo perlu ya pelihara, kalo gak perlu ya gak usah.

    ReplyDelete
  19. kalo air liur kucing atau sapi itu najis juga hak. Secara dia punya bulu, kaki 4. ingat kucing juga sumber penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di haramkan cm anjing

      Delete
  20. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    ReplyDelete
  21. mungkin gambar porno kali ya.. kalo itu memang haram..!! hehehe..

    ReplyDelete
  22. Semua hewan juga sumber penyakit, bahkan manusia pun juga. Bukannya islam tidak membeda bedakan makluk?
    Kalo ulama mengharamkan pelihara anjing, tetapi beliau memajang gambar atau foto. (Gambar makluk hidup atau foto makluk hidup). Aku semakin tidak paham.

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat skali.. thanks so much :D

    ReplyDelete